Catatan

Tuhan selalu memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan...

Selasa, 11 Desember 2012

Kualitas Udara Buruk

Polusi udara berarti pencemaran udara yang dapat menyebabkan memburuknya kualitas udara sehingga mengancam kehidupan makhluk hidup. Secara tidak sadar kita sering menyebabkan buruknya kualitas udara. Kualitas udara di negeri kita, khususnya di daerah perkotaan, telah mengalami penurunan secara drastis. Hal ini disebabkan, antara lain meningkatnya kendaraan bermotor, kebakaran hutan, dan asap kawasan industri.

Polutan
Polutan adalah zat yang menyebabkan polusi udara. Unsur-unsur polutan yang paling berbahaya yang mengancam kehidupan antara lain karbondioksida, karbonmonoksida, dan klorofuorokarbon. Polusi udara menyebabkan pemanasan global sebagai efek rumah kaca, yaitu tertahannya atmosfer bumi oleh polutan sehingga menaikkan suhu buni. Akibatnya, gas karbon di udara mengalami peningkatan signifikan. Kurangnya ruang publik dan hutan kota juga mengurangi kemampuan daya serap alam terhadap gas karbon kendaraan.

Dampak Buruk Polusi
Banyak hal yang menyebabkan polusi, antara lain emisi gas buang kendaraan, kebakaran hutan dan lahan, dan asap kawasan industri. Daerah perkotaan dan kawasan industri merupakan daerah yang paling buruk kualitas udaranya. Jika kita menghirup udara yang terkontaminasi zat-zat beracun, maka pernapasan kita akan terganggu.

Asap Kendaraan Bermotor
Jumlah kendaraan bermotor terus meningkat dan banyak kendaraan yang digunakan sudah tua dan tak layak jalan. Kota-kota di negeri ini termasuk kota yang terburuk dalam hal kualitas udara. Hal ini disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan sangat tinggi dan pengawasan terhadap kendaraan yang sudah tidak layak pakai sangat lemah. Selain itu, diperparah dengan kurangnya perawatan kendaraan oleh penggunanya. Jakarta termasuk salah satu kota metropolitan yang kualitas udaranya terburuk di dunia.

Kebakaran Hutan dan Lahan
Asap karena kebakaran hutan dan lahan menyebabkan polusi udara. Akibatnya, udara di area sekitarnya menjadi tercemar dan berbahaya. Sebagai contoh, asap tebal karena kebakaran hutan di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Kepulauan Riau telah menyebabkan penyakit pernapasan warga sekitar.

Asap Kawasan Industri
Asap industri juga berperan dalam polusi udara. Idealnya, kawasan industri berada di area yang jauh dari pemukiman warga atau perkotaan. Namun, kita masih banyak menemukan pabrik dan industri yang berlokasi dekat dengan area permukiman. Banyak pula industri rumahan yang menghasilkan asap dari aktivitasnya sehingga mengancam kesehatan warga di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar