Catatan

Tuhan selalu memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan...

Rabu, 12 Desember 2012

Sungai Tercemar

Salah satu penyebab sungai tercemar adalah sampah, baik sampah rumah tangga dan limbah cair. Sungai yang tercemar akan membahayakan kesehatan dan lingkungan. Ada beberapa sungai yang tercemar oleh sampah cair berupa limbah.
Sungai Penuh Sampah
Suatu saat tampak seorang pengemudi kendaraan berhenti di jembatan kemudian membuatn sampah. Selain itu, masih banyak orang yang membuang sampah ke sungai. Sampah yang dibuang ke sungai kemudian terbawa oleh arus air hingga ke muara. Jika sampah sudah menumpuk dan semakin banyak sungai akan sulit untuk dibersihkan. Pembersihan sampah di beberapa sungai terhambat oleh keterbatasan akses menuju sungai, karena tertutup rumah penduduk yang dibangun di bantaran sungai. Akibatnya, penduduk yang tinggal di tepi sungai menjadi korban pertama saat terjadi banjir.

Sungai Penuh Tumbuhan
Sungai yang banyak di kawasan pedesaan biasanya tidak memiliki masalah dengan sampah rumah tangga, tetapi sampah tumbuhan di sekitarnya. Dahan-dahan, dedaunan, dan sisa-sisa panen, sering kali dibiarkan mengalir di sungai. Sampah itu biasanya berhenti di sungai terdekat. Jika dibiarkan terus-menerus, maka sampah tersebut akan menghambat aliran sungai.

Sungai sebagai MCK Terpanjang
Pemandangan orang jongkok di pinggir sungai bukanlah hal yang asing. Sungai dianggap sebagai tempat mandi, mencuci, dan kakus (MCK terpanjang). Aktivitas tersebut menyebabkan sungai sebagai sumber penyakit yang membahayakan.

Sungai Tercemar Limbah Cair
Limbah cair adalah sampah yang berasal dari aktivitas mandi, mencuci, buang air besar atau kecil di sungai dan limbah industry pabrik yang dialirkan ke sungai. Limbah ini sangat berbahaya karena selain menghasilkan bau yang tidak sedap, kandungan racunnya akan merusak ekosistem air seperti ikan, kerang, siput, dan tanaman air.

Dampak Pencemaran Sungai
Selama ini sungai masih digunakan sebagai sumber air bagi pertanian, padahal sungai-sungai itu masih tercemar oleh sampah rumah tangga dan industry dari hulu. Jika tanaman padi dan sayuran yang diairi dari sungai yang tercemar dikonsumsi manusia maka akan membahayakan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar