Catatan

Tuhan selalu memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan...

Rabu, 20 Februari 2013

Step By Step untuk Meraih Mimpi

MUNGKIN Anda tidak berhasil mewarnai masa muda Anda dengan kesuksesan. Tapi jangan pernah menyerah pada waktu. Tanamkan pada benak Anda bahwa untuk berprestasi dan berkarya tak pernah mengenak batasan usia.
Hapus kata terlambat dalam hidup Anda. Tengoklah kisah Meggy Z. kalau saja ia menyerah pada waktu mungkin ia tidak akan pernah menjadi penyanyi dangdut keenam, di usianya yang terhitung tak muda lagi. Jenderal AH. Nasution bahkan masih bisa menghasilkan sebuah buku di usia ke 80 tahun. So, berapapun usia Anda saat ini, 20-an, 30-an, 40-an, atau bahkan 50-an, Anda tetap memiliki kesempatan untuk merancang masa depan yang lebih baik. Berikut 12 langkah yang bisa menuntun Anda menuju masa depan yang jelas, yang disarikan dari buku Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan, karya Marwah Daud Ibrahim, Ph. D.
Yakin
Yakin adalah kunci utama menuju kesuksesan di masa depan. Tanamkan dalam diri Anda kalau orang lain bisa mengapa kita tidak bisa? Kalau orang lain tidak bisa kita tetap harus berusaha untuk bisa. Renungkanlah apa yang diungkapkan Bruce Barton: “Tidak ada sesuatu yang lebih luar biasa yang pernah dicapai kecuali oleh mereka yang berani untuk percaya bahwa sesuatu di dalam diri mereka lebih berarti dari keadaan lingkungannya.

Positif
Lihatlah segala sesuatunya dari sisi positif. Jangan menilai bunga mawar adalah bunga yang menakutkan karena berduri, tapi nikmatilah keindahan bentuknya dan keharumannya. Dengan selalu berpikiran positif segala keraguan akan mudah untuk disingkirkan.

 
Bermanfaat
Sadarlah bahwa Anda adalah khalifah Allah swt. di bumi ini. Tugas Anda adalah mengabdi pada Allah dan menjaga bumi ini dari kerusakan. Mulai sekarang tanyakan pada diri Anda sudahkah Anda melakukan tugas kekhalifahan itu, member manfaat pada lingkungan Anda?

Gali Potensi
Minder adalah penyakit masyarakat kita. Enyahkan itu dari pikiran Anda karena setiap kita adalah special dan unik. Kita adalah benih yang unggul dari ribuan benih yang dibuahi. Setiap kita memiliki ruh Ilahi. Jika demikian, pantaskah kita minder? Analisis diri Anda berdasarkan 8 dimensi intelegensia. Apakah Anda cerdas secara logical matematikal, musical, spasial, linguistic, bodily, naturalis, emosional, atau spiritual. Anda pasti memiliki salah satu dimensi kecerdasan itu.

 Cari Peluang
Setelah Anda menyadari kemampuan Anda, mulailah mencari peluang berdasarkan bidang profesi dan lokasi. Yakinlah Allah telah menyediakan kemudahan-kemudahan bagi umatnya. Tinggal bagaimana kita menemukannya. “Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (setelah itu) dibangkitkan.” (QS. Al Mulk : 15)

Fokus
Al Rise, seorang penulis Amerika, mengatakan bahwa fokus sangatlah penting dalam hidup. Ia menganalogikan sinar laser yang bisa mengalahkan matahari dalam menembus baja, sebagai contoh kesuksesan dari fokus. Maka mulai sekarang berpikir untuk bisa menjadi sinar laser.

Rencana
Atur rencana secara detail dari awal sampai target hidup Anda tercapai. Atur dengan jelas berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk sekola, mencari pengetahuan, informasi, keterampilan, serta sarana atau peralatan apa saja yang Anda butuhkan untuk mendukung cita-cita Anda itu. Jangan lupa untuk mempertimbangkan karakter kepribadian serta nilai-nilai hidup yang mampu menunjang Anda menuju target sasaran hidup Anda.

Proses
Tak ada satupun kesuksesan di dunia ini yang diperoleh secara instan. Kalaupun ada pasti tak akan bertahan lama. Semuanya butuh proses. Sebagaimana sholat, ada syarat yang harus dipenuhi dan rukun yang harus dilakukan secara berurutan.
Manajemen Waktu
Seorang konsultan manajemen, Ivy Lee pernah memberikan jasa konsultasi kepada Presiden Betlehem Steel, Charles Schwab, "Tuliskan apa yang harus Anda kerjakan besok, berikan nomor berdasarkan prioritas. Kerjakan nomor satu, lalu ikuti nomor dua, dan seterusnya," kata Lee. Dalam beberapa minggu Lee menerima cek $25.000.
Mulailah menyusun rencana lima tahun ke depan. Buat juga rencana yang harus dilakukan tahun demi tahun untuk mencapai rencana lima tahunan Anda itu. Jangan lupa untuk menulis jadwal kegiatan untuk esok hari setiap malam.

Gigih
Salah satu kunci kebangkitan Jepang pasca pemboman Hiroshima dan Nagasaki pada perang dunia kedua adalah kegigihan masyarakatnya. Percayalah, bagi orang yang gigih kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Sebagaimana janji Allah dalam Surat An Nasyrah ayat 5, "Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan."

Berbagi
Tanamkan prinsip dalam hidup Anda bahwa menolong adalah investasi. Sebagai makhluk sosial kita tentu tak bisa tanpa bantuan orang lain. Yakinlah dengan memberi kita tidak akan kehilangan apa yang kita miliki tapi justru menambahnya.

Hidup Berimbang
Saat ini kita mengenal 4 dasar prinsip sukses berdasarkan kemampuan, yakni IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient), SQ (Spiritual Quotient), dan AQ (Adversity Quotient). AQ adalah prinsip dasar kesuksesan berdasarkan kemampuan untuk bertahan di tengah halangan dan tantangan. Analisalah diri Anda, pada aspek yang mana Anda memiliki kekuatan. Galilah kekuatan tersebut sambil tetap menjaga keseimbangan diri ke empat dimensi kemampuan tersebut.

Bersambung… .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar