Catatan

Tuhan selalu memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan...

Kamis, 23 Mei 2013

Mengenal Lebih Dekat Keluarga Si Kribo

Inilah sayuran yang “paling mengerti” wanita

BENTUKNYA lucu, mengingatkan kita pada gaya rambu kribo yang sempat popular di tahun 70-an. Bahkan salah satu nama sayuran yang tergolong keluarga kubis-kubisan ini dicomot sebagai nama belakang artis penyanyi dan presenter Edy Brokoli. Kubis (kol), kubis bunga (kembang kol), dan brokoli dalam istilah ilmiahnya disolongkan dalam tanaman Brassicaseae.
Tak hanya lucu dan unik mereka ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa studi epidemologi melaporkan bahwa sayuran jenis kubis-kubisan dapat menurunkan resiko berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, prostat, ginjal, usus besar, kandung kemih, dan paru-paru. Dengan mengonsumsi satu hingga dua porsi kubis-kubisan setiap hari, maka Anda terhindar dari resiko terjangkit kanker prostat dan kanker payudara sampai 40%. Yuk kita kenali lebih jauh manfaat satu per satu anggota keluarga si kribo ini.


Brokoli
Brokoli bisa dikatakan sayuran yang paling mengerti wanita. Betapa tidak? Menurut para peneliti dari John Hopkins University School of Medicine, brokoli kaya akan senyawa isothiocyanates-kimia. Senyawa ini ternyata cukup ampuh menguras jenis estrogen berbahaya pemicu kanker, terutama kanker payudara. Senyawa ini juga mampu menghancurkan sel kanker rahim karena mengandung protein yang disebut epidermal penerima.
Wanita yang kerap mengalami nyeri haid bisa memanfaatkan brokoli yang diblansir sebagai penawarnya. Caranya, rebus brokoli dalam air mendidih selama dua menit, angkat dan rendam dengan air es kemudian tiriskan. Atau blender brokoli yang telah dibalnsir bersama air secukupnya. Konsumsi brokoli yang telah dibalnsir dan jus brokoli tersebut tiga hari menjelang haid sampai masa haid berakhir, maka Anda terbebas dari rasa nyeri bulanan itu.
Selain kanker payudara, penyakit yang lazim menghampiri kaum hawa adalah keropos tulang. Kandungan vitamin K pada brokoli yang cukup banyak merupakan bukti lain bahwa ia memang sahabat para wanita, sebab kekurangan vitamin K dapat memicu terjadinya keropos tulang. Vitamin K merupakan koenzim yang berperan menyintesa sejumlah proteiun yang berperan dalam koagulasi darah dan metabolism tulang. Jadi agar tulang Anda kuat dan padat mulai sekarang rajinlah mengonsumsi brokoli.untuk penderita diabetes militus, brokoli terbukti mampu meredam melonjaknya kadar gula darah karena kandungan mikromineral kromiumnya yang melimpah. Untuk itu memasukkan brokoli dalam porsi yang besar dalam menu diet harian penderita penyakit gula sangat dianjurkan.
Satu lagi khasiat dari brokoli bagi kesehatan adalah mencegah stroke. Penelitian yang dilakukan oleh ahli epidemiologi dari Harvard University terhadap 75.000 wanita membuktikan, beberapa iris brokoli yang dimasukkan ke dalam menu harian dapat menurunkan resiko stroke sampai seperempatnya.
Brokoli juga bisa membantu wanita tampil cantik. Brokoli disebut-sebut sebagai sayuran yang paling kaya zat oksidan. Senyawa antioksidan paling ampuh yang tersimpan dalam brokoli adalah sulforafan. Tak heran bila wanita yang gemar makan brokoli memiliki kulit yang bersih berseri.

Kubis Bunga (Kembang Kol)
Kita kerap menjumpai sayuran ini di dalam masakan Cina, seperti cap cay atau menu tumis-tumisan khas Cina lainnya. Karena tanaman ini memang berasal dari kawasan Asia Tengah. Menurut para peneliti di Utah University, kembang kol kaya akan serat dapat mencegah proses pengikatan protein lecithin dengan dinding besar, sehingga kerusakan pada usus besar pun bisa dihindari. Karenanya mereka yang banyak mengonsumsi kembang kol memiliki resiko mengalami kanker usus 70% lebih rendah disbanding yang tidak.
Anda yang memiliki masalah dengan herpes, manfaatkanlah kembang kol untuk meredam masalah tersebut. Sebab kembang kol mengandung indole-3-carbinol (I3C), sebuah senyawa alami yang dapat menghalangi virus herpes untuk bereproduksi. Kembang kol juga bisa dijadikan obat penenang yang aman. Mengapa demikian? Karena kandungan asam folat sangat terkait dengan manajemen mood. Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 30 persen orang menderita depresi juga menderita kekurangan asam folat.

Kubis (Kol)
Penggemar asinan bogor tentu taka sing dengan sayuran ini. Rasanya yang renyah dan agak manis merupakan daya tarik utama kol. Selain menjadi bahan asinan, kol juga sering dimakan sebagai lalap yang dimakan mentah dalam menu pecel lele, pecel ayam, atau menu masakan sunda. Kol tergolong sayuran yang paling murah, bila disbanding kedua saudaranya brokoli dan kembang kol.
Selama ini ada anggapan bahwa kol bisa memperparah kondisi lambung para penderita mag. Padahal fakta sebenarnya justru menunjukkan sebaliknya, kol bisa membantu menyembuhkan penyakit mag. Caranya mudah saja, kunyah kol mentah hingga benar-benar lumat atau minum jus kol pada saat perut kosong.
Bukan hanya itu, kol juga terbukti mampu memperbaiki saluran pencernaan dan dapat mengobati luka hanya dalam waktu tujuh hari saja. Karena kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi, kol dapat dimanfaatkan sebagai pencegah dan obat sariawan, luka-luka pada tepi mulut, dermatitis bibir dan rahang lidah. Lebih dari itu kandungan niacinnya merupakan pembentuk tulang dan gigi yang kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar