Catatan

Tuhan selalu memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan...

Minggu, 05 Mei 2013

RAHASIA CANTIK Wanita Tempo Doeloe

Resep kecantikan kuno tak cuma aman digunakan, tapi juga telah teruji khasiatnya beratus-ratus tahun lamanya. Anda tertarik?

Sudah menjadi fitrah wanita ingin selalu tampil cantik. Tentunya Anda menyetujui hal ini. Tak ada yang salah dengan keinginan itu, asalkan upaya memanifestasikannya tetap berpegang teguh pada syariat. Jadi, jangan karena ingin tampil cantik, lalu Anda menghalalkan segala cara.
Banyak cara untuk bisa tampil can- tik, salah satunya dengan menon- jolkan inner beauty. Tapi Anda tentu juga setuju kalau merawat outer beauty juga tak kalah penting, apa- lagi jika Anda mendambakan kecan- tikan yang purna. Untuk bisa tampil cantik, tak perlulah Anda sampai melakukan bedah plastik. Cara orang-orang btempo doeloe dalam merawat kecantikan masih relevan kok digunakan di masa modern ini. Nggak percaya? Coba saja!

Mandi Susu (Milk Bath)
Konon, metode perawatan kecantikan kulit ini telah ada sejak zaman Mesir Kuno. Adalah Cleopatra, sang Ratu Mesir, yang memopulerkannya. Untuk menjaga kehalusan dan kekenyalan kulit, Cleopatra memanjakan tubuhnya dengan melakukan mandi susu secara rutin.
Terbukti kalau susu memang tak hanya baik untuk memperkuat tulang, tapi juga membuat kulit halus, mulus, putih berseri, dan mengurangi warna hitam pada kulit akibat proses penuaan. Manfaat yang demikian banyak bisa terjadi karena selain kalsium, susu juga mengandung asam beta hidroksi, asam amino esensial, dan asam laktat yang berguna sebagai pelembab alami. Kandungan ini juga berfungsi mengangkat, menghilangkan sel-sel kulit mati dan melembutkan kulit, sehingga kulit tampak halus dan bercahaya. Sementara protein dalam susu berguna untuk menyuplai nutrisi yang bermanfaat melembabkan dan melapisi permukaan kulit sehingga lebih kenyal dan halus.
Jika Anda lebih memilih produk mandi susu kemasan yang dijual di pasaran ketimbang susu murni, ada baiknya Anda benar-benar memperhatikan kandungan bahan pada labelnya. Pastikan tak terdapat bahan berbahaya di dalamnya seperti asam salisilat yang dapat membuat kulit kering.
Kalau Anda malas berlama-lama berendam dalam bath tub Anda juga bisa menggunakan susu sebagai campuran lulur. Fungsinya sebagai peeling yang berperan membersihkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati. Hasilnya, kulit Anda akan halus dan bebas sisik.

Mandi Lulur (Lulur Bath)
Konon penggunaan lulur untuk merawat kulit tubuh telah digunakan sejak abad 17. Alkisah, rutinitas bekerja di ladang membuat kulit para perempuan menjadi gelap dan bersisik setelah seharian terpapar sinar mentari. Maka untuk menghaluskan kulit tubuh, mereka rajin meracik ramuan yang terbuat dari beras tumbuk dan rempah-rempah. Ramuan tersebut kemudian dioleskan ke seluruh tubuh, setelah kering digosok sehingga kotoran (daki) berjatuhan, kemudian menyiram tubuh hingga bersih.
Di era modern seperti sekarang tentunya Anda tak perlu bersusah payah menumbuk beras dan rempah-rempah sendiri. Kini telah tersedia lulur dalam berbagai kemasan, sehingga sangat praktis saat digunakan. Selain untuk menghaluskan kulit, lulur juga dapat membuat tubuh lebih harum, segar dan bercahaya, mengurangi ketegangan otot, memperlancar peredaran darah, serta mencegah bau badan.

Mandi Bunga (Floral Bath)
Mandi bunga seringkali diidentikkan dengan sesuatu yang berbau mistis, padahal fungsinya lebih dekat pada kecantikan. Mandi bunga bermanfaat untuk meredam stres dan mengundurkan ketegangan pikiran. Jenis bunga yang biasa digunakan adalah melati, kenanga, dan mawar. Bunga melati dan kenanga sangat cocok digunakan bagi Anda yang mengalami sulit tidur (insomnia) dan stres. Sementara mawar berfungsi melembabkan kulit, mengatasi kulit yang mengalami dehidrasi dan gejala penuaan seperti keriput.

Teh Hijau
Khasiat teh hijau untuk kecantikan telah terbukti sejak zaman Tiongkok Kuno hingga kini. Tak heran jika kini ekstrak teh hijau banyak digunakan untuk berbagai produk kecantikan. Teh hijau berperan pada kecantikan karena kandungan antioksidan alamai (polypenol) di dalamnya dapat menyegarkan kulit dan mengimbangi radikal bebas sehingga bisa memperlambat proses penuaan.
Antioksidannya juga dapat mempercepat tingkat metabolisme tubuh sehingga berguna bagi Anda yang mendambakan tubuh ramping. Ini terbukti dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita obesitas di Amerika. Para peneliti menemukan meminum teh hijau tiga kali sehari mampu membakar 200 kalori per hari. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah dengan bau mulut, cobalah minum teh hijau juga karena anti bakteri alami yang terdapat padanya mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.
Tak hanya itu, teh hijau juga mampu mencegah gigi berlubang karena kandungan fluoride alaminya. Meski punya banyak manfaat, teh hijau juga mengandung kafein. Jadi sebaiknya jangan mengonsumsinya berlebihan. Terlebih lagi untuk wanita hamil karena dapat merusak saraf janin.

Minyak Kelapa
Meski saat ini tawaran produk perawatan rambut sangat beragam, namun yang satu ini hingga kini masih digunakan. Mungkin Anda masih ingat, untuk melebatkan, melembutkan, menguatkan, dan membuat rambut berkilau, orangtua sering mengolesi rambut kita dengan minyak kelapa. Khasiatnya memang terbukti hingga kini. Lihat saja produsen shampo kerap menggunakan kelapa dalam produk yang mereka buat. Kalau Anda tak suka dengan produk instant, Anda dapat membuat minyak kelapa sendiri kok. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memasak santan (kelapa tua) hingga keluar minyaknya. Biarkan minyak tersebut hingga dingin, kemudian usapkan pada rambut.

Minyak Zaitun
Khasiat minyak zaitun memang tak terbantahkan. Bahkan Alquran menyebutnya sebagai pohon yang diberkahi. Allah swt. Berfirman dalam surat An Nuur (35), “… minyak dari pohon yang banyak berkahnya, yaitu pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat (nya)… .”
Soal minyak zaitun Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah juga meriwayatkan dengan isnad yang jayyid. Dari hadist Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda, “Makanlah minyak zaitun dan minyakilah dengannya, karena ia berasal dari pohon yang penuh barakah.” Tak berlebihan bila zaitun disebut sebagai pohon yang penuh berkah, karena banyak sekali khasiat yang terdapat di dalamnya.
Umumnya kecantikan, konon minyak zaitun biasa digunakan untuk menjaga kehalusan dan kecantikan kulit para Ratu Romawi dan Mesir Kuno. Pohon yang biasa tumbuh di daratan Mediterania ini memang berkhasiat melembabkan kulit, memperlambat proses penuaan (kulit keriput), menghambat tumbuhnya uban dan menguatkan rambut.
Tak hanya itu, kabar baik bagi Anda yang bermasalah dengan perut buncit karena minyak zaitun dapat mengurangi lemak di perut. Jika Anda terganggu dengan jerawat dan noda hitam bekas jerawat di wajah, tak perlu risau. Cukup campur 3 sdt minyak zaitun dengan 1 sdt minyak habbatussaudah. Kemudian oleskan pada wajah, biarkan selama 3 jam dan bilas. Insya Allah berhasil.
Atau Anda juga bisa meniru kebiasaan wanita Arab yang mengonsumsi buah zaitun dan minyaknya. Mereka biasa menyantap minyak zaitun dengan roti. Pun biasa meminyaki rambut mereka dengan zaitun sebelum tidur. Tak heran bila rambut mereka lebat dan kuat. Bagi wanita yang sedang hamil dan bermasalah dengan guratan di sekitar perut dan rasa gatal pada perut, bisa pula mengoleskan minyak zaitun di seputar perut.

Totok Wajah
Anda ingin memiliki wajah cerah dan bebas jerawat? Cobalah totok wajah. Totok wajah merupakan bagian dari totok darah yang dikenal sebagai ilmu warisan Tiongkok Kuno yang mirip dengan akupuntur. Teknik totok darah adalah melakukan pijatan tertentu di tubuh untuk melancarkan aliran peredaran darah. Mulanya penggunaan totok darah memang sebatas pada kesehatan. Namun seiring berjalannya waktu, totok darah dikembangkan sehingga menghasilkan teknik totok wajah yang berfungsi untuk kecantikan.
Selain bermanfaat melancarkan peredaran darah di wajah, totok wajah juga berguna mencerahkan kulit, merelaksasi dan mengencangkan otot wajah, menghilangkan garis kerutan dan keriput di wajah, mencerahkan mata, menghilangkan bayangan hitam di sekitar mata, flek, jerawat, dan menghilangkan noda di wajah akibat hiperpigmentasi.
Totok wajah dilakukan dengan cara memberi pijatan dengan teknik khusus di seputar wajah. Sebelum ditotok biasanya wajah Anda akan dibersihkan setelah itu dipijat. Meski banyak manfaatnya, tapi tak semua wanita dapat melakukan totok wajah. Mereka yang menderita radang akut, jantung, TBC, hipertensi, diabetes, dan penyakit kulit sama sekali tak dianjurkan memilih metode ini. Jadi sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulu pada dokter sebelum melakukan terapi ini dan memilih terapi yang kredibel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar