Catatan

Tuhan selalu memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan...

Jumat, 13 Februari 2015

Sistem Imun

SAKIT? KE DOKTER? Wow, ternyata bagi setiap orang, konsep dokter dan sakit selalu berkonotasi menyeramkan. Sebenarnya konsep mengobati kalau sudah sakit adalah paradigma dokter zaman dahulu. Saat tugas dokter didominasi proses mengobati saja. Sebaliknya, dokter modern yang lebih dikenal sebagai dokter keluarga, lebih bertugas melakukan upaya preventif supaya pasiennya tidak mudah sakit. Jadi, kalau dulu kita sering mendengar lelucon bahwa doa seorang dokter adalah berharap banyak orang sakit, kini doa itu sudah berubah : jangan ada yang sakit, ya!

SISTEM KERJA SEMPURNA
Salah satu sistem yang berperan penting dalam tubuh  adalah sistem imun. Sistem imun adalah sekumpulan sel, jaringan, dan organ yang terdiri dari : Pertama, bagian yang bisa dilihat seperti kulit, air mata, air liur, hidung, dan paru-paru. Kedua, bagian yang tidak dapat dilihat seperti timus, sel darah putih, antibodi, dan hormon.
Semuanya itu bekerja sama melawan masuknya virus, bakteri, jamur, cacing, dan parasit yang masuk ke dalam tubuh melalui kulit, hidung, dan mulut. Jumlah sel-sel imun lebih banyak 10 kali lipat dari sistem saraf dan mengeluarkan 40 agen imun yang berbeda-beda untuk melindungi tubuh dari penyakit. Sistem imun sangat dibutuhkan untuk memerangi semua bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Mengapa kita bisa jatuh sakit? Karena sistem imun mendapat serangan yang bertubi-tubi dari semua jenis penyakit yang menyerang.  

BAGAIMANA HAL ITU BISA TERJADI?
Faktor-faktor lingkungan, zat yang terdapat dalam asap kendaraan dan bahan kimia beracun, pengaruh perawatan medis (seperti kemoterapi dan pembuangan tonsil dan apendiks), gaya hidup yang tidak sehat (merokok, stres, krang tidur, pola makan yang tidak baik, minum-minuman beralkohol, dan makan makanan berlemak), kekurangan zat makanan disebabkan sering makan
makanan yang berbahaya (seperti gula, pewarna sintetis, dan perasa buatan), kurang asupan nutrisi bergizi serta faktor emosi (seperti kemurungan dan kemarahan), menyebabkan sistem imun menjadi lemah.

Bila sistem imun tidak berfungsi, Anda akan mudah diserang penyakit dan keletihan yang kronis. Rasa sakit, bengkak, infeksi luka, pencernaan yang tidak baik, sendi kaku, dan tulang lemah merupakan gejala awal kelemahan sistem imun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar