Catatan

Tuhan selalu memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan...

Rabu, 19 Desember 2012

Kematian

Kematian adalah kenyataan pahit dan menakutkan yang mesti dihadapi oleh setiap yang hidup. Tiada manusia mempunyai kuasa untuk mengelaknya, juga tidak ada di sekeliling si mati yang mampu menghalangi kematiannya. Tidak ada yang punya daya maupun kemampuan untuk melarikan diri darinya. Tiada cara untuk menghalangnya, tiada cara untuk melewat-kannya.
"Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusia pun sebelum kamu (Muhammad), maka jikalau kamu mati apakah mereka akan kekal? Tiap-tiap yang berjiwa akan merasai mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. al-Anbiya [21]:34-35)

Kematian yang menyebabkan ketakutan pada jiwa yang menutup segala peluang beramal. Apa yang datang sesudahnya lebih-lebih menakutkan lagi. Adakah tempat yang bisa seseorang melarikan dirinya untuk menyelamatkan diri dari siksa kubur?
Tidak ada seorang pun yang tahu di manakah tempat kembali yang abadi. Adakah surga yang luasnya seperti langit dan bumi, ataukah neraka yang bahan bakarnya dari manusia dan batu-batu?"
Hidup di dunia ini adalah sementara dan mempunyai akhir yang telah ditetapkan dan pengakhiran ini pasti akan tiba... .
Orang-orang yang benar akan mati. Orang-orang yang zalim akan mati. Para Mujahid yang berjihad akan mati. Mereka yang duduk-duduk di rumah akan mati. Mereka yang menyibukkan diri mereka dengan akidah yang benar akan mati. Mereka yang melayani orang hingga seperti budak juga akan mati.
Dia yang berani menolah kezaliman akan mati. Si pengecut yang mencintai kehidupan hina di dunia ini akan mati. Orang-orang besar dan bercita-cita mulia akan mati. Dan si hina yang hidup untuk nikmat murahan akan mati. "TIAP-TIAP YANG BERJIWA AKAN MERASAKAN MATI" (QS. Ali Imran [3]: 185)
Saat-saat kematian dan saat berpindahnya ke kehidupan selepas ini dan dosa-dosa yang telah dilakukan dan amalan-amalan yang sedikit.
Kebaikan yang akan benar-benar mau dikerjakan ketika itu, bahwa keinginan itu ke masa ini dan kerjakan hari ini. Segala angan-angan telah kita tinggalkan ketika itu dan tinggalkanlah sekarang juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar