Catatan

Tuhan selalu memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan...

Selasa, 30 September 2014

Kiat Dekat di Saat Jauh

Mempertahankan hubungan jarak jauh, susah-susah gampang. Memendam kerinduan memang bukan keadaan yang menyenangkan. Namun ibarat orang yang sedang jatuh cinta, slogan "jauh di mata, dekat di hati" harus selalu dikibarkan. Luas samudera dan jutaan mil jarak bukan menjadi alasan untuk melunturkan rasa kasih sayang di antara Anda berdua. Berikut kiatnya:

Stay Connected!
  1. Bersyukurlah karena kita tidak tinggal di zaman batu. Di abad ini pilihan alat komunikasi demikian beragam. Mulai dari jasa pos, telepon, sms, sampai surat elektronik bisa menjadi media mempererat cinta. Tentukanlah mana alat komunikasi paling efektif dan efisien yang bisa Anda gunakan untuk membuatnya senantiasa dekat.
  2. Berbagi cerita dan informasi, suka dan duka, di waktu yang tepat. Libatkan si dia dalam kejadian "luar biasa" yang Anda alami. Pastikan waktu Anda menghubunginya di saat yang tepat. Jangan sampai kegembiraan Anda berganti menjadi duka, karena tanggapan si dia tidak seperti yang Anda harapkan, karena alasan lelah atau bad mood.
  3. Luangkan waktu untuk bercengkerama dengan keluarga pasangan Anda. Nikmati ciri khas atau tradisi keluarganya, maka Anda akan merasa seakan-akan si dia hadir di sisi Anda.
  4. Tetap "beredar". Bergaul dan bersosialisasi adalah jurus efektif yang bisa mengalihkan pikiran Anda dari melulu memikirkannya. Bergabunglah dengan klub hobi atau organisasi yang sesuai dengan minat. Selain bisa membagi perhatian Anda dari siksaan rasa rindu, Anda pun menemukan bahwa obrolan baru dengan dia.
In The Name of Love
  1. "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa... ." (QS. 49 (12)). Gunakan prinsip "Love is Blind", tapi jangan membabi buta. Artinya butakan indera Anda dari pikiran-pikiran buruk tentang dirinya. Tetapi buka mata Anda terhadap informasidan pikiran positif. Bila perlu, tuliskan kata-kata yang membangkitkan cinta Anda kepada dirinya di tempat yang sering terlihat. Misalnya kata-kata: "Cinta sejati adalah cinta yang teruji", atau "Jarak dan waktu tidak akan bisa menghentikan cinta kita".
  2. Jangan perhitungan. Menghitung-hitung seberapa banyak usaha Anda atau membandingkan usaha si dia dalam mempertahankan hubungan ini hanya akan menemukan alasan untuk memulai pertengkaran. Ingat, tujuan mulia Anda adalah mempertahankan hubungan perkawinan atas dasar cinta kepada-Nya.
  3. Kirimkan hadiah kejutan. Tak perlu yang menguras kantong, namun pastikan berkesan dan tujuan Anda membuatnya tersenyum tercapai. Misalnya, rekam suara Anda di kaset dan nyanyikan lagu pengobar semangat cinta bagi Anda berdua. Buku puisi buatan Anda dengan foto mesra di halaman depannya bisa juga menjadi pilihan yang unik. Atau masakan kesukaan si dia yang Anda buat sendiri.Tapi sebelumnya pastikan bahwa makanan itu akan sampai di tangannya dalam keadaan tetap menggugah selera.
  4. Let it show, babel! Jangan ragu untuk memperlihatkan perasaan Anda kepadanya, misalnya "Aku mencintaimu". Jauhkan gengsi dan rasa pelit untuk mengumbar rasa cinta atas kerinduan Anda kepadanya. Bersikap jujur dengan perasaan Anda lebih baik daripada bersikap seolah semua baik-baik saja.
  5. Last but not least, jangan lupa selipkan doa untuknya dalam setiap sholat Anda untuk keselamatan, kemudahan dan kesuksesan Anda berdua.
Money Talks
Realistis saja, hubungan jarak jauh pasti lebih membutuhkan biaya. Persiapkan budget khusus untuk membayar lonjakan pulsa telepon, e-mail, perangko, kartu pos, hadiah, dan sebagainya. Bahkan jika Anda berniat mengunjunginya, persiapkan resikonya secara finansial. Tetapi yakinlah, sebesar apapun uang yang Anda keluarkan, insyaAllah, tidak akan bisa dibandingkan dengan nikmatnya rasa dekat di saat jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar